profil

Sekilas tentang Program Studi Sastra Tionghoa

Masa studi Program Studi Sastra Tionghoa adalah 8 semester. Selama 4 semester pertama, penekanan diberikan pada keterampilan Bahasa Tionghoa Modern, yaitu kemampuan mendengar, berbicara, membaca serta menulis. Selanjutnya, mahasiswa juga dibekali dengan pengetahuan linguistik, geografi, sejarah, sastra dan budaya Tionghoa.

Pada semester ke-7, mahasiswa dihimbau mengikuti immersion program di Tiongkok atau Taiwan selama satu semester. Program joint-degree juga disediakan bagi mahasiswa yang memenuhi kualifikasi.

Terdapat tiga bidang pengutamaan yang dapat dipilih mahasiswa untuk menyiapkan mereka terjun ke dunia kerja, yaitu Chinese Business CommunicationChinese Education Business, dan Chinese Media

Staf pengajar Program Studi Sastra Tionghoa merupakan dosen-dosen lulusan universitas ternama dari dalam dan luar negeri, yang memiliki kualifikasi dan berpengalaman dalam bidang bahasa, sastra dan budaya Tionghoa. Selain itu, Program Studi Sastra Tionghoa juga diperkuat oleh staf penutur asli (native speaker) dari Tiongkok dan Taiwan.

Lulusan Prodi Sastra Tionghoa sangat banyak dicari oleh pengguna lulusan (dari tahun 2010/2011 hingga 2014/2015, rata-rata kecepatan penyerapan lulusan kurang dari satu bulan adalah 51,6%). Lulusan dapat bekerja di berbagai bidang, antara lain: pengajar bahasa Tionghoa, pengelola kursus, penerjemah profesional, sekretaris, praktisi bisnis, presenter, penulis, editor dan praktisi di bidang pariwisata.

Visi

Berlandaskan kepedulian dan perspektif global serta nilai-nilai Kristiani, Prodi Sastra Tionghoa UK Petra menjadi center of excellence dalam pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di bidang ilmu humaniora (bahasa-sastra-budaya Tionghoa) terapan di Indonesia. 

Misi

Memajukan dan memberdayakan masyarakat dalam ilmu pengetahuan budaya yang berfokus pada penguasaan ilmu Bahasa Tionghoa Modern sebagai pengejawantahan nilai-nilai Kristiani, melalui:

  1. Kepedulian dalam ranah internal dan eksternal dengan implementasi keilmuan bahasa dan sastra Tiongkok.
  2. Wawasan global dalam wujud proses belajar-mengajar dengan kualitas yang bertaraf internasional, baik dari sisi sistem dan proses pendidikan, kegiatan penelitian dan publikasi ilmiah serta pengabdian kepada masyarakat dalam lingkup keilmuan bahasa dan sastra Tiongkok.
  3. Operasional kampus berbasis teknologi informasi sebagai infrastruktur dari sistem komunikasi dan informasi di Prodi Sastra Tionghoa.
  4. Peningkatan kualitas dan unggulan (excellence) dalam hal kepakaran (expertise), penelitian, pelayanan, maupun penyediaan fasilitas di lingkungan Prodi Sastra Tionghoa.
  5. Peningkatan efektifitas dan efisiensi dalam penyusunan maupun pelaksanaan program yang mengacu kepada kebutuhan operasional kegiatan di lingkup Prodi Sastra Tionghoa.

Profil Lulusan

Profil Lulusan

Deskripsi

Utama

Penyedia layanan kebahasaan

Menyediakan layanan kebahasaan dalam komunikasi berbahasa Tionghoa

Public speaker dalam bahasa Tionghoa

Menyampaikan ide atau informasi secara lisan kepada publik dalam bahasa Tionghoa

Pilihan

Penyedia layanan pendidikan bahasa Tionghoa

Mengajar bahasa Tionghoa / dalam bahasa Tionghoa, mampu bekerja mandiri, dapat menggunakan pengetahuan dan keterampilan berbahasa Tionghoa membuat rencana bisnis, serta dapat mengelola, memelihara dan mengembangkan bisnis tersebut dengan baik.

Penyedia layanan kebahasaan dalam bidang perdagangan

Menyediakan layanan kebahasaan dalam bidang perdagangan Indonesia – Tiongkok

Penyedia layanan kebahasaan dalam bidang industri media Tionghoa

Menyediakan layanan kebahasaan dalam bidang industri media Tionghoa