Publikasi

Seminar "Kera Sakti vs Hanoman"
15 Jan 2018

Pada 21 Mei 2016 yang lalu, Prodi Sastra Tionghoa bekerjasama dengan Himasahatra, menyelenggarakan seminar bertema "Kera Sakti vs Hanoman". Seminar ini mengundang Prof. Wang Tianyu dari The Chinese Opera Institute-Singapore sebagai pembicara. Materi yang dibawakan sangat menarik, mengupas intertekstualitas dalam sastra opera Tiongkok dan sastra India/dunia. Perbandingan tokoh Sun Wukong (Kera Sakti) dan Hanoman menyuguhkan persamaan dan perbedaan yang selama ini mungkin belum pernah kita pikirkan. Seminar ini dihadiri kurang lebih 100 peserta, dari UK Petra maupun dari luar UK Petra. 

Baca lebih lanjut>
Ujian HSK Online Mei
15 Jan 2018

Ujian HSK online bulan Mei telah diselenggarakan pada tanggal 21 Mei 2016 yang lalu. Peserta ujian kali ini mengalami peningkatan dibandingkan peserta ujian HSK online pada bulan sebelumnya, dengan total jumlah peserta 41 orang, meliputi peserta ujian tulis level 1-5, dan ujian lisan (HSKK) level dasar hingga mahir.

Dengan ujian HSK online, peserta dapat mengetahui nilai ujian mereka dengan lebih awal (kurang dari satu bulan setelah ujian), dan ujian berlangsung dengan lebih praktis dan efisien. Jadwal ujian HSK online berikutnya direncanakan pada bulan Juli, dengan pendaftaran dimulai sekitar pertengahan Juni.

Baca lebih lanjut>
Prestasi Mahasiswa Sastra Tionghoa dalam Lomba Chinese Bridge
15 Jan 2018

Mahasiswa Prodi Sastra Tionghoa: Siska Indahwati (12412019), telah memenangkan Juara 2 dalam The 15th Chinese Bridge Chinese Proficiency Competition for Foreign College Students wilayah Jawa Timur yang diadakan tanggal 22-23 April 2016 oleh Confucius Institute di Universitas Negeri Malang.

Selanjutnya Siska akan mewakili Jawa Timur untuk maju di lomba nasional yang akan diadakan di Jakarta pertengahan Mei yang akan datang.

Baca lebih lanjut>
Ujian HSK Online Pertama di Surabaya
15 Jan 2018

Tanggal 16 April 2016 yang lalu, Lembaga Koordinasi Pendidikan Bahasa Tionghoa Jawa Timur bersama Prodi Sastra Tionghoa UK Petra sukses menyelenggarakan ujian HSK online yang pertama kali di Surabaya. 

HSK online merupakan bentuk HSK yang paperless, sehingga lebih menghemat sumber daya, dan dapat diadakan tiap bulan. 

Baca lebih lanjut>
Studi Ekskursi 2016
15 Jan 2018

Mahasiswa Prodi Sastra Tionghoa UK Petra pada tanggal 15 Maret 2016 lalu melakukan studi ekskursi ke sekolah dan perusahaan di Surabaya. Adapun perusahaan yang dikunjungi adalah Ever Age Valve Metals dan Harian Nusantara. Selain kunjungan ke perusahaan, mahasiswa juga berkunjung ke Taipei School. Studi ekskursi kali ini bertujuan agar mahasiswa dapat mengenal lingkungan kerja di bidang bahasa Tionghoa dengan lebih dekat. 

Baca lebih lanjut>
Ujian HSK Maret 2016
15 Jan 2018

Lembaga Koordinasi Pendidikan Bahasa Tionghoa Jawa Timur bersama Prodi Sastra Tionghoa UK Petra telah mengadakan ujian HSK dan YCT pada tanggal 19-20 Maret 2016. Total jumlah peserta kali ini adalah 720 orang, berasal dari Surabaya, Mojokerto, Sidoarjo, Jember dan sekitarnya. 

Mulai bulan April mendatang, akan diadakan HSK online setiap bulan (apabila jumlah peserta memenuhi kuota minimal).

Baca lebih lanjut>
Seminar dan Launching HSK Online
15 Jan 2018

Tanggal 20 Februari 2016, Lembaga Koordinasi Pendidikan Bahasa Tionghoa Jawa Timur bersama Sastra Tionghoa UK Petra mengadakan Seminar dan Launching HSK Online di UK Petra. Acara ini menghadirkan narasumber dari Panitia HSK Nasional di Jakarta. Selain memperkenalkan HSK secara umum, narasumber juga memberikan penjelasan tentang HSK online sebagai bentuk ujian HSK yang baru yang lebih praktis dan modern.

Selain seminar, juga diadakan penandatangan MoU antara UK Petra dengan Lembaga Pendidikan Bahasa Tionghoa Jawa Timur.

Baca lebih lanjut>
Pameran dan Workshop Budaya di VITA School
15 Jan 2018

Prodi Sastra Tionghoa UK Petra mengisi pameran dan workshop budaya Tionghoa dalam rangka menyambut Tahun Baru Imlek yang diadakan oleh VITA School Surabaya. Pameran dan workshop yang diisi oleh Prodi antara lain: kaligrafi, seni menggunting kertas dan seni Chinese knot, seremoni penyajian teh.

Acara berlangsung ramai dan mendapatkan sambutan yang antusias dari para siswa SD VITA School.

Baca lebih lanjut>
Prestasi Mahasiswa Sastra Tionghoa dalam Lomba Menulis Piala Qiandao
15 Jan 2018

Mahasiswa Sastra Tionghoa UK Petra mengukir prestasi dalam Lomba Menulis Bahasa Tionghoa Piala Qiandao yang diadakan September 2015 lalu:

Juara I: Tenika Xintu Rumalutur

Juara III: Tiffany Qorie

Juara Harapan: Levina Claresta

Selamat kepada para pemenang, kiranya ini memacu para mahasiswa untuk menorehkan prestasi-prestasi berikutnya!

Baca lebih lanjut>
HSK Oktober 2015
15 Jan 2018

Ujian HSK Oktober 2015 telah diselenggarakan pada tanggal 17-18 Oktober 2015. Ujian HSK dan YCT kali ini diikuti oleh 1156 orang peserta dari Surabaya, Jember, Probolinggo, Mojokerto, Sidoarjo dan kota-kota lain di Jawa Timur. Semakin tingginya jumlah peserta HSK dari tahun ke tahun menunjukkan semakin tingginya minat masyarakat dalam mempelajari bahasa Tionghoa, serta semakin pentingnya sertifikat HSK dalam pekerjaan maupun dalam studi lanjut ke Tiongkok.

Baca lebih lanjut>
Culture Night Festival - Festival Musim Gugur 2015
15 Jan 2018

Pada tanggal 25 September 2015 sore hari, Program Studi Sastra Tionghoa Universitas Kristen Petra Surabaya di Auditorium Universitas Kristen Petra mengadakan Perayaan Malam Budaya Festival Musim Gugur tahun 2015, yang dihadiri oleh Wakil Konsulat Jenderal RRT Surabaya Mr. Pan Yong Lu,  Mantan Atase Bidang Pendidikan KBRI Beijing Bapak Chaerun Anwar, Rektor Universitas Kristen Petra Bapak Rolly Intan, Ketua Program Studi Sastra Tionghoa Ibu Elisa Christiana, Sekretaris Program Studi Sastra Tionghoa Bapak Budi Kurniawan serta mahasiswa dari berbagai Program Studi lainnya yang berjumlah kurang lebih 300 orang.

Wakil Konsulat Jenderal RRT Surabaya Mr. Pan Yong Lu dalam sambutannya berkata, Festival Musim Gugur merupakan salah satu festival tradisional Tiongkok, Bulan pada hari tersebut sangatlah bulat, sehingga dianggap oleh orang-orang sebagai simbol kebersamaan keluarga, oleh karena itu, juga oleh orang-orang disebut sebagai “Festival kebersamaan”. Pada Festival Musim Gugur ada banyak kebiasaan atau tradisi-tradisi yang sangat menarik, contohnya adalah menikmati rembulan, memakan kue bulan, menyalakan lentera, tebak-tebakan dan lain sebagainya, diharapkan dengan adanya Festival ini para mahasiswa dengan keluarga dan teman dapat berkumpul, terlebih dapat lebih memahami kebudayaan serta tradisi-tradisi pada saat Festival Musim Gugur. Selain itu, Wakil Konsulat Jenderal RRT Surabaya Mr. Pan Yong Lu juga memuji Universitas Kristen Petra dalam membuka Program Studi Sastra Tionghoa, serta sampai saat ini telah mendidik sangat banyak ahli-ahli Bahasa Tionghoa. Sampai saat ini, kerjasama Indonesia dan Tiongkok dalam berbagai bidang sangat membutuhkan SDM yang mampu berbahasa Indonesia dan Tionghoa, diharapkan Program Studi Sastra Tionghoa Universitas Kristen Petra, kedepannya untuk dapat terus membina dan mendidik lebih banyak talenta-talenta yang mampu berbahasa Tionghoa. Terakhir, Wakil Konsulat Jenderal RRT Surabaya Mr. Pan Yong Lu mengucapkan Selamat merayakan Festival Musim Gugur, Sehat, dan sekeluarga aman dan selamat.

Baca lebih lanjut>
Seminar Nasional - Mendorong Keharmonisan Hubungan Indonesia-Tiongkok Masa Kini
15 Jan 2018

Pada tanggal 25 September 2015, Program Studi Sastra Tionghoa Universitas Kristen Petra Surabaya mengadakan seminar pendidikan, dengan tema “Mendorong Keharmonisan Hubungan Indonesia-Tiongkok Masa Kini”. Seminar ini mengundang Konsulat Jenderal Republik Rakyat Tiongkok Surabaya Yu Hong sebagai pembicara utama dengan tema “Bergandeng Tangan Untuk Maju Bersama, Menuju Masa Depan”, Ketua Pusat Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Surabaya Chen Jing dengan tema “Culture Shock”, mantan Atase Bidang Pendidikan KBRI Tiongkok Chaerun Anwar dengan topik “Sejarah Panjang Kerjasama Indonesia-Tiongkok”.

Baca lebih lanjut>
Lomba Menulis Bahasa Tionghoa - Piala Qiandao
15 Jan 2018

Dalam rangka memperingati 15 tahun berdirinya Harian Nusantara, pada tanggal 13 September 2015, dengan Harian Nusantara sebagai penyelenggara utama, Lembaga Koordinasi Pendidikan Bahasa Tionghoa Jawa Timur, Pusat Bahasa Mandarin Universitas Negeri Malang, dan Pusat Bahasa Mandarin Universitas Negeri Surabaya yang menjadi pelaksana, pada saat bersamaan di Elyon Christian School Surabaya dan Universitas Kristen Petra diadakan Lomba Mengarang Bahasa Mandarin “Piala Qiandao”, dengan tujuan menyediakan wadah bagi siswa-siswi Sekolah Dasar sampai dengan tingkat Universitas untuk menunjukkan kemampuan berbahasa Mandarin mereka, meningkatkan minat mereka dalam belajar Bahasa Mandarin. Peserta tingkat Sekolah Menengah Atas berjumlah 47 orang, tingkat Universitas berjumlah 18 orang, lokasi lomba kedua kelompok ini bertempat di Universitas Kristen Petra.

Baca lebih lanjut>
Petra Parade 2015
15 Jan 2018

Pada Petra Parade 2015, Sastra Tionghoa UK Petra mengadakan Branded Schooling Experience berupa rangkaian mini workshop budaya Tionghoa, seperti: kaligrafi, Chinese knot, seni menggunting kertas. Siswa-siswi SMA yang berkunjung ke prodi juga diperkenalkan dengan berbagai fasilitas prodi, seperti laboratorium audio visual.

Selain BSE, Prodi juga mengadakan lomba yang menjadi salah satu cabang Petra Olympiad, yakni Riddle Journey to China. Lomba ini diikuti oleh 20 tim dari berbagai SMA di Jawa Timur.

Baca lebih lanjut>
Menampilkan 1-14 dari 14 item.