Publikasi

HSK Home Edition September 2021
25 Sep 2021

HSK Home Edition yang diselenggarakan oleh Lembaga Koordinasi Pendidikan Bahasa Tionghoa Jawa Timur bersama Prodi Bahasa Mandarin Universitas Kristen Petra telah berlangsung 25 September 2021 lalu. Total 238 orang peserta mengikuti ujian HSK dan HSKK.

Baca lebih lanjut>
Prodi Bahasa Mandarin UK Petra Merayakan Hari Jadi ke-20 Tahun
11 Sep 2021

11 September 2021, Prodi Bahasa Mandarin merayakan hari jadi yang ke-20 tahun. Perayaan ini bertemakan "Bersukacita dalam penderitaan". Meskipun diadakan secara daring, namun perayaan kali ini bermakna mendalam. Wakil Rektor II UK Petra Bapak Agus Arianto Toly, Dekan Fakultas Bahasa dan Sastra Bapak Dwi Setiawan, serta seratus lebih mahasiswa, alumni dan dosen hadir dalam acara ini.

Acara dipandu oleh mahasiswa Prodi Bahasa Mandarin Agnes Shania dan Bryan Gilbert dengan bahasa Mandarin. Acara dibuka dengan doa yang dipimpin oleh Bapak Budi Kurniawan, dilanjutkan dengan laporan oleh ketua panitia sekaligus ketua himpunan mahasiswa, Naomi Netania. Himpunan mahasiswa mendukung sepenuhnya acara ini, maupun kegiatan-kegiatan prodi lainnya. Ketua Prodi Bahasa Mandarin Ibu Elisa Christiana dalam sambutannya mengenang 20 tahun perjalanan Prodi yang penuh tantangan dan kesulitan. Para dosen dalam keterbatasan yang ada, sekuat tenaga memberikan pembelajaran yang terbaik bagi mahasiswa, hingga berhasil membuahkan lulusan demi lulusan. Lulusan Prodi juga telah berkontribusi bagi masyarakat, mendapatkan pengakuan dari dunia kerja. Mahasiswa saat ini juga aktif mengikuti berbagai lomba, dan memenangkan banyak juara, termasuk Devina Paulina Yapari yang baru saja meraih juara pertama Chinese Bridge nasional. Tahun ini Prodi Bahasa Mandarin untuk pertama kalinya meraih penghargaan Petra Award dari universitas, sebagai prodi dengan jumlah mahasiswa mengikuti kegiatan luar universitas terbanyak. Berbagai prestasi ini merupakan hadiah terindah bagi ulang tahun ke-20 Prodi. Dekan dalam sambutannya merasa bangga atas prestasi Prodi Bahasa Mandarin selama 20 tahun ini, yang merupakan hasil jerih payah dosen dan mahasiswa prodi. Dekan juga menyatakan terima kasih kepada lulusan yang telah berkontribusi di masyarakat dan menjadi kebanggaan almamater. Wakil Rektor juga menyatakan bahwa minta terhadap bahasa Mandarin saat ini menjadikan prodi Bahasa Mandarin menjadi salah satu prodi yang paling diminati. Kita percaya masa depan prodi sangat cerah. Acara dilanjutkan dengan sharing oleh alumni yaitu Steffi Thanissa, Tenika Xintu dan Grace Permata Hati. Dalam sharingnya, mereka mengajak para adik-adik mahasiswa untuk memanfaatkan kesempatan belajar sebaik-baiknya karena dunia kerja sangat memerlukan sumber daya manusia dengan kemampuan berbahasa Mandarin.

Selanjutnya, mahasiswa tiap angkatan menampilkan talent show yang memukau. Tri Fena Alyssa dan Benita Liony memimpin praise and worship, lalu ada permainan guzheng dan erhu oleh Ibu Jessica Nondolesmono dan Devina Paulina Yapari. Verena Linagus membawakan tarian tradisional Tiongkok. Shinta Widyantari menyanyikan Wo duo xihuan ni, ni hui zhidao. Octaviane Stefina menampilkan story telling Xihuan changge de xiao tuzi. Dian Marcella mendesain slide show foto-foto kegiatan Prodi selama 20 tahun. Tak ketinggalan kue ulang tahun dan menyalakan lilin. Para hadirin menyanyikan Happy Birthday dan meniup lilin bersama. Diiringi tepuk tangan, semua mengucapkan selamat ulang tahun! Suasana hangat dan ramai. Para hadirin diselimuti rasa haru ketika lulusan kali ini menyanyikan Ting wo shuo xiexie ni, yang dilanjutkan dengan perwakilan mahasiswa tiap angkatan menyampaikan ucapan terima kasih kepada para dosen. Para dosen terharu dan menitikkan air mata.

Dalam keadaan pandemi, panitia telah berjerih lelah menyiapkan acara ini. Demi memberikan kejutan kepada para dosen, mereka sengaja tidak melibatkan dosen dalam menyusun acara. Kami sangat berterima kasih kepada para panitia! You are the best!

Acara diakhir dengan doa yang dipimpin oleh Bapak Alpin Gadman Markali selaku sekretaris prodi Bahasa Mandarin, menyerahkan prodi ke dalam tangan penyertaan Tuhan. Dengan berat hati kita pun harus berpisah, sambil menantikan kita dapat berkumpul lagi di kemudian hari!

Baca lebih lanjut>
Mahasiswi Prodi Bahasa Mandarin Meraih Juara 1 Lomba Story Telling
25 Jun 2021

Selamat kepada Octaviane Stefina Enggra G., mahasiswi Prodi Bahasa Mandarin angkatan 2019, yang telah meraih Juara 1 Lomba Story Telling yang diselenggarakan oleh HMJ Sastra Jerman dan Pusat Bahasa Mandarin Universitas Negeri Malang.

Baca lebih lanjut>
Mahasiswi Prodi Bahasa Mandarin Meraih Juara II Chinese Bridge East Java Preliminary Round
13 Mei 2021

Selamat kepada Devina Paulina Yapari, mahasiswi Prodi Bahasa Mandarin angkatan 2017, yang telah meraih Juara 2 pada The 20th Chinese Bridge Chinese Proficiency Competition for Foreign College Students East Java Preliminary Round.
Selanjutnya Devina akan berlaga di babak final nasional Juni mendatang.

Baca lebih lanjut>
International Conference on Chinese Indonesian Cultural Heritage 2021
14 Jun 2021

International Conference on Chinese Indonesian Cultural Heritage 2021 yang disponsori bersama oleh Prodi Bahasa Mandarin Universitas Kristen Petra dan Pusat Studi Indonesia Tionghoa UK Petra diadakan pada 12 Juni 2021. Para pakar dan cendekiawan dari seluruh Indonesia dan luar negeri, termasuk Selandia Baru, Malaysia, Tiongkok Daratan dan Taiwan, bahkan dari Amerika Serikat, antusias menghadiri pertemuan tersebut. Seminar bertema "Rejuvenating Chinese Indonesian Cultural Heritage", dan didukung oleh Magister Sastra serta Prodi Arsitektur UK Petra.

Acara pembukaan seminar dipandu oleh Andhiyustina, mahasiswa magister Sastra, dan Bryan Gilbert Enggra Gunawan, mahasiswa Prodi Bahasa Mandarin. Usai berdoa dan menyanyikan lagu Indonesia Raya, pembawa acara mengundang Bapak Dwi Setiawan, Dekan Fakultas Bahasa dan Sastra, untuk memberikan sambutan pembukaan. Pertama-tama, dekan menyambut hangat semua peserta dan memuji para dosen dari Prodi Bahasa Mandarin. Tidak mudah untuk tetap berusaha mempersiapkan seminar di tengah pandemi. Selain untuk memeriahkan HUT ke-60 UK Petra, seminar ini juga menjadi salah satu kegiatan Dies Natalis ke-20 Prodi Bahasa Mandarin. Kemudian, Prof. Djwantoro Hardjito, Rektor Universitas Kristen Petra, menyampaikan pidato dan membuka seminar secara resmi. Prof. Djwantoro menceritakan bagaimana dia mencoba yang terbaik untuk mendapatkan kembali nama Tionghoanya, tetapi dia menyesal bahwa anak-anaknya tidak memiliki nama Tionghoa. Dari sini, rektor menyadari betapa pentingnya menghidupkan kembali warisan budaya Tionghoa Indonesia.

Seminar ini mengundang lima pembicara utama, yang semuanya terkenal di bidang penelitian Indonesia-Tionghoa: Prof. Leo Suryadinata dari Institut Studi Asia Tenggara di Singapura, Prof. Guo Xi dari Pusat Studi Tionghoa Luar Negeri Jinan University, Tiongkok, Prof. Danny Wong Tze Ken dari Universitas Malaya, Dr. Tod Jones dari School of Design and Built Environment, Curtin University of Western Australia, dan Prof. Esther Kuntjara, Ketua Pusat Studi Indonesia Tionghoa Universitas Kristen Petra. Selain itu, hadir pula tamu istimewa Mr. Huihan Lie, CEO My China Roots, yang membagikan tentang penelusuran silsilah keluarga.

Setelah makan siang, berlangsung sesi paralel. Panitia telah menyiapkan tujuh ruang diskusi, lima dengan tema budaya, dan dua lainnya dengan tema arsitektur. Peserta dapat memasuki ruang diskusi sesuai minatnya. Peserta mendengarkan makalah yang dipresentasikan oleh para akademisi di ruang diskusi dan melakukan diskusi interaktif di bawah moderator dengan suasana yang harmonis dan hangat.

Ibu Elisa Christiana, Ketua Prodi Bahasa Mandarin dan Ketua Panitia seminar kali ini, menyampaikan pidato penutup setelah sesi paralel usai. Meskipun para peserta mulai mengikuti konferensi pada pukul sembilan pagi, mereka tetap bertahan sampai sore. Ibu Elisa sangat tersentuh dan mengagumi semangat para peserta. Setelah mendengarkan pidato pembicara kunci dan hasil sesi paralel, Ibu Elisa mengatakan bahwa warisan budaya adalah harta yang ditinggalkan oleh para leluhur. Melalui warisan budaya, generasi penerus dapat belajar tentang sejarah, memahami sejarah, dan mengenali jati dirinya. Selain itu, budaya Indonesia-Tionghoa telah menjadi bagian dari multikulturalisme Indonesia, membuat Indonesia semakin indah. Prof. Danny Wong Tze Ken mengatakan bahwa masih banyak proyek studi Indonesia-Tionghoa yang dapat dieksplorasi lebih lanjut. Ibu Elisa juga berharap seminar ini dapat menginspirasi semua orang untuk lebih giat mempelajari budaya Tionghoa Indonesia.

Seminar berakhir dengan sukses dan kita menantikan kesempatan untuk bertemu lagi di lain waktu untuk melanjutkan pertukaran dan kerja sama untuk implementasi dan peningkatan proyek penelitian Indonesia-Tionghoa.

Baca lebih lanjut>
Mahasiswi Prodi Bahasa Mandarin Meraih Juara I Nasional Chinese Bridge
21 Jun 2021

Selamat kepada Devina Paulina Yapari, mahasiswi Prodi Bahasa Mandarin angkatan 2017, yang telah meraih Juara 1 pada The 20th Chinese Bridge Chinese Proficiency Competition for Foreign College Students Indonesia Final Round!

Baca lebih lanjut>
HSK Home Edition Juni 2021
07 Jun 2021

HSK Home Edition yang diselenggarakan oleh Lembaga Koordinasi Pendidikan Bahasa Tionghoa Jawa Timur bersama Prodi Bahasa Mandarin Universitas Kristen Petra telah berlangsung 5 Juni 2021 lalu. Total 267 orang peserta mengikuti ujian HSK, HSKK dan YCT.

Baca lebih lanjut>
Mahasiswi Prodi Bahasa Mandarin Menyelesaikan Joint Degree dengan Yangzhou University
17 Jun 2021

Selamat kepada Febe Leonora Agung, yang telah menyelesaikan program Joint Degree dengan Yangzhou University.

Baca lebih lanjut>
Learn, Play, Explore China 2021
02 Jun 2021

Tanggal 30 Mei, "Learn, Play, Explore China" ke-3 yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Prodi Bahasa Mandarin telah terselenggara dengan sukses. LPE tahun ini mengusung tema "Culture Seeker". Ada 3 lomba untuk siswa SMA: desain poster, vlog, dan lomba rally "running in the clouds". Karena pandemi, seluruh lomba diadakan secara daring.

Lomba desain poster dan vlog telah dimulai sejak awal Mei. Karya dikumpulkan secara daring. Lomba rally yang tahun lalu ditiadakan, kali ini kembali diselenggarakan di atas "awan". Lomba rally diadakan tanggal 29 Mei. Total peserta ketiga lomba ini sejumlah 72 orang siswa SMA dari seluruh Indonesia: Surabaya, Gresik, Pemalang, Kudus, Bekasi, Jakarta, Pontianak, Pekanbaru.

Peserta dengan teliti dan konsentrasi menghasilkan karya poster dan vlog. Ini menunjukkan "eksplorasi" mereka terhadap budaya Tionghoa. Karya yang masuk sangat beragam, misalnya tentang: hari raya tradisional, barongsai, karya seni, kuliner, potehi dan sebagainya. Running in the clouds diikuti oleh 16 tim. Meskipun diadakan secara daring, perlombaan tetap seru, dengan suasana yang tak kalah dengan perlombaan luring. Ada delapan pos dalam lomba kali ini, yang menantang peserta untuk menguji kemampuan berbahasa Mandarin dan pemahaman budaya Tionghoa mereka. Berbagai jenis game di pos-pos tersebut misalnya: meneruskan idiom, mencari huruf yang salah, tes pengetahuan budaya, matematika Mandarin, kuis budaya populer, detektif kecil dan sebagainya.

Tanggal 30 Mei siang, diadakan seremoni pengumuman pemenang dan penutupan acara. Ketua panita Chika Leonardi serta ketua Himasahatra Luciana mengucapkan terima kasih atas partisipasi aktif dari seluruh peserta. Mereka berharap melalui proses lomba, peseta dapat saling belajar, tekun meningkatkan kemampuan diri, berani menghadapi tantangan. Berikut adalah para pemenang lomba:

Lomba Vlog:

Juara I: Dea Metta Pranata (SMA Education Pekanbaru)

Juara II: Garcia Wuiko (SMA Katolik Frateran Surabaya)

Juara III: Sherina Prayogo dan Evelyn (SMA Little Sun Surabaya)

 

Lomba Desain Poster:

Juara I: Valeska Iskandar (SMA Katolik St. Louis 1 Surabaya)

Juara II: Jeslyn Tevi Goeinawan (SMA Kristen Petra 2 Surabaya)

Juara III: Livia Michelle Iskandar Leo (SMA Xinzhong Surabaya)

 

Running in the clouds:

Juara I: Jocelyn, Natalie Tan, Elloh'nia Michelle Angella (Surabaya Cambridge School)

Juara II: Jessalyn Audrey Tanujayadi, Livia Michelle Iskandar Leo, Angelica Tiora (SMA Xinzhong Surabaya)

Juara III: Teresa Prajna Setio, Steffy Soegiharto, Stefany Angelina Kharisma (SMA Katolik St. Louis 1 Surabaya)

Baca lebih lanjut>
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat - "Cultured"
25 Mei 2021

22-23 Mei, Himpunan Mahasiswa Perhotelan dan Himpunan Mahasiswa Bahasa Mandarin UK Petra mengadakan kegiatan abdimas daring, yaitu memberikan pelatihan tentang konsep manajemen perhotelan, bahasa Mandarin perhotelan, serta etiket makan dalam budaya Tionghoa kepada siswa SMA.

Pada hari pertama, Bapak Vido Iskandar dari Program Manajemen Perhotelan menjelaskan tentang proses di front office hotel, meliputi tahapan pra-kedatangan, kedatangan, tinggal di hotel hingga meninggalkan hotel. Pekerjaan yang biasanya kita anggap sederhana, ternyata mengandung banyak detail. Melalui penjelasan yang diberikan, siswa dapat mengenal tahap-tahap yang dikerjakan oleh bagian-bagian dalam hotel. Pada era globalisasi sekarang ini, seiring dengan kemajuan Tiongkok, industri perhotelan sangat memerlukan sumber daya manusia yang mampu berbahasa Mandarin. Bapak Alpin Gadman Markali dari Prodi Bahasa Mandarin untuk itu menjelaskan bahasa Mandarin perhotelan, melalui komunikasi dengan bahasa Mandarin antara pegawai hotel dan tamu, para siswa berlatih menggunakan bahasa Mandarin melangsungkan percakapan dalam berbagai konteks, seperti reservasi, memesan masakan, membayar dan sebagainya.

Hari kedua, Bapak Budi Kurniawan dari Prodi Bahasa Mandarin menjelaskan tentang dasar-dasar etiket di meja makan dalam budaya Tionghoa. Diawali dari konsep li dalam Konfusianisme, hingga aplikasi li di dalam kehidupan sehari-hari, dan pengetahuan dasar tentang tata krama di meja makan, misalnya penggunaan sumpit, "tidak menyisakan makanan di piring", dan sebagainya. Setelah itu, siswa diajak untuk menonton proses pembuatan Ayam Ngohiong yang dibawakan oleh Bapak David Kristianto dari Program Manajemen Perhotelan. Langkah-langkah memasak dijelaskan dengan sangat detail, hingga siswa mengerti karakteristik masakan tersebut. Para siswa mengikuti seminar selama dua hari ini dengan tekun, dan aktif bertanya, menunjukkan minat mereka yang besar.

Setelah "diisi" dengan bekal materi, berikutnya siswa mengaplikasikan pengetahuan yang telah mereka dapatkan tersebut. 50 orang lebih siswa dari SMA Untung Suropati Sidoarjo dibagi menjadi beberapa kelompok, dan di bawah bimbingan dari mahasiswa perhotelan dan bahasa Mandarin, melakukan latihan role-play serta membuat video pendek, untuk memperkuat pemahaman mereka terhadap materi. Meskipun durasi kegiatan tidak panjang, pelatihan selama dua hari ini ditambah dengan hasil karya siswa, telah memberikan banyak inspirasi kepada siswa.

Baca lebih lanjut>
Workshop S.E.A.R.C.H "A Letter from China"
11 Mei 2021

Industri kreatif yang meliputi penerbitan, musik, film, karya seni dan desain, akan memegang peran menentukan di dalam proses pemulihan ekonomi global. Untuk mempersiapkan mahasiswa dengan modal kreativitas, memacu minat dan meningkatkan kemampuan menulis dalam bahasa Mandarin, Prodi Bahasa Mandarin UK Petra bersama dengan Himasahatra UK Petra mengadakan workshop travel writing pada tanggal 8 Mei, dengan tema "A Letter from China".

Workshop diikuti oleh peserta dari Surabaya, Medan, Pontianak, Bandung, Jakarta, Malang dan Makassar, sejumlah 80 orang lebih mahasiswa dan guru. Ketua Prodi Bahasa Mandarin Ibu Elisa Christiana dalam sambutannya mengatakan, bagi mahasiswa yang belajar bahasa Mandarin, menulis dalam bahasa Mandarin memang adalah suatu hal yang sulit. Karena itu diharapkan melalului workshop kali ini, para peserta dapat menemukan dan menikmati kenikmatan menulis. Workshop dibawakan dalam bahasa Mandarin oleh penulis dan fotografer terkenal Indonesia yaitu Bapak Agustinus Wibowo. Bapak Agustinus mengawali dengan membagikan pengalamannya ketika wabah SARS merebak tahun 2003 di Beijing. Lewat pengamatan dan refleksinya, pengalaman ini dapat dikaitkan dengan kebudayaan "tembok" di Tiongkok, sehingga dapat menghasilkan sebuah tulisan yang khas.

Berikutnya, Bapak Agustinus mulai mengajarkan teknik menulis perjalanan, yang diawali dengan menentukan tujuan perjalanan. Dilanjutkan dengan refleksi indrawi kita menyerap pengalaman dalam perjalanan tersebut, melalui observasi dan riset mendalam, menuangkan pengalaman itu menjadi bahan tulisan. Setelah mengumpulkan bahan, proses penulisan dapat dimulai. Diawali dengan menentukan topik, tema dan premis, lalu menulis kerangka. Bapak Agustinus dengan interaktif menggunakan tulisan, gambar serta video dan contoh-contoh, menjelaskan proses penulisan kepada para peserta.

Setelah rehat makan siang, praktek menulis pun dimulai. Peserta dibagi menjadi beberapa breakout room, dalam waktu satu setengah jam melakukan proses penulisan. Judul yang diberikan berhubungan dengan Tiongkok, dan dapat mengenai film, kehidupan sehari-hari, travelling dan sebagainya. Apabila dalam proses penulisan mengalami kesulitan, peserta dapat langsung bertanya kepada Bapak Agustinus. Acara ditutup dengan kesimpulan dari Bapak Agustinus, yang mengatakan bahwa tidak ada draf yang sempurna, oleh karena itu janganlah takut menulis, percaya dirilah dalam menulis. Apabila hasilnya tidak baik, tulislah ulang, begitu seterusnya hingga tercipta tulisan yang baik.

Workshop yang dimulai pukul 9.30 ditutup pukul 15.00. Dari tanggapan peserta, mereka puas atas workshop kali ini.

Baca lebih lanjut>
HSK Home Edition April 2021
25 Apr 2021

Lembaga Koordinasi Pendidikan Bahasa Tionghoa Jawa Timur bersama dengan Prodi Bahasa Mandarin UK Petra telah mengadakan ujian HSK Home Edition pada 24 April 2021. Ujian kali ini diikuti oleh 318 orang peserta, baik YCT, HSK, maupun HSKK.

Baca lebih lanjut>
Project Showcase #02 - Bahasa Mandarin dan Periklanan
22 Feb 2021

Simply Piano

Proyek mata kuliah Bahasa Mandarin dan Periklanan, salah satu mata kuliah dalam konsentrasi Bahasa Mandarin Bisnis dan Media.

Tautan video: https://www.instagram.com/tv/CLlpU82n5Ej/?utm_source=ig_web_copy_link

Baca lebih lanjut>
Project Showcase #01 - Bahasa Mandarin dan Periklanan
01 Feb 2021

豆奶粉广告 - Proyek mata kuliah Bahasa Mandarin dan Periklanan, salah satu mata kuliah konsentrasi Bahasa Mandarin Bisnis dan Media.

Tautan video: https://www.instagram.com/tv/CKu6dW1Hc0E

Baca lebih lanjut>
Mahasiswa Prodi Bahasa Mandarin Juara II Lomba Dubbing Film
23 Des 2020

Selamat kepada Octaviane Stefina Enggra G., mahasiswi Prodi Bahasa Mandarin angkatan 2019, yang telah meraih Juara 2 Lomba Dubbing Film yang diselenggarakan oleh Pusat Bahasa Mandarin Universitas Kristen Maranatha.

Baca lebih lanjut>
Mahasiswa Prodi Bahasa Mandarin Juara I dan II Lomba Mengarang Bahasa Mandarin
11 Nov 2020

Selamat kepada Naomi Netania dan Octaviane Stefina Enggra G., mahasiswi Prodi Bahasa Mandarin angkatan 2019, yang telah meraih Juara I dan Juara II Lomba Mengarang Bahasa Mandarin dalam Mandarin Festival V dan Peringatan Hari Confucius Institute Global Universitas Negeri Surabaya.

Baca lebih lanjut>
Mahasiswa Prodi Bahasa Mandarin Juara I Lomba Pidato
20 Sep 2020

Selamat kepada Ivana Permatasari, mahasiswa Prodi Bahasa Mandarin angkatan 2020, yang telah meraih Juara 1 Lomba Pidato Bahasa Mandarin yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Malang.

Baca lebih lanjut>
Prodi Bahasa Mandarin UK Petra Memperoleh Hibah MB-KM
03 Sep 2020

Puji Tuhan atas anugerahNya. Prodi Bahasa Mandarin UK Petra berhasil meraih hibah Merdeka Belajar - Kampus Merdeka dari DIKTI. Melalui LEAP (Leadership Enhancement Program), mahasiswa akan belajar di luar kampus lewat berbagai track yang akan disediakan.

Baca lebih lanjut>
UK Petra PTS Terbaik Jawa Timur dan PTS Terbaik ke-2 Nasional
26 Agu 2020

Proficiat!

Berdasarkan peringkat oleh Kemendikbud 2020, UK Petra berada di peringkat 1 PTS se-Jawa Timur dan peringkat 2 PTS Nasional.

Baca lebih lanjut>
Learn, Play, Explore China 2020
02 Agu 2020

Prodi Bahasa Mandarin UK Petra sukses menyelenggarakan Lomba Learn, Play, Explore China yang ke-2 yang ditutup tanggal 2 Agustus 2020. Tema tahun ini adalah "Into the Chinese Culture". Karena pandemi Covid, lomba tahun ini berbeda dengan tahun lalu, berubah menjadi lomba Desain Poster serta lomba Storytelling, dan dilaksanakan secara daring. 

Pandemi ternyata tidak menyurutkan animo peserta. Total 69 orang siswa SMA mengikuti kedua lomba ini. Terkumpul 47 karya poster dan 27 video storytelling. Peserta berasal dari berbagai penjuru Indonesia: Jakarta, Bandung, Bogor, Tangerang, Jogja, Pekalongan, Jombang, Madiun, Malang, Banyuwangi, Pasuruan, Mojokerto, Sidoarjo, Probolinggo, Surabaya, Bali, Medan, Lampung, Pekanbaru, hingga Bantaeng Sulawesi Selatan.

Tujuan lomba kali ini adalah meningkatkan minat siswa terhadap bahasa Mandarin dan budaya Tionghoa, membantu siswa mengenal lebih lanjut tentang tradisi etnis Tionghoa. Dengan kreativitas dan keragaman isi karya peserta, serta aneka gaya yang ditampilkan, berusaha maksimal menuangkan "Into the Chinese Culture" ke dalam karya mereka. Hari raya tradisional, mitos dan legenda, kisah idiom, pakaian, makanan, opera, musik, kaligrafi dan berbagai unsur budaya lainnya diwujudkan dalam karya siswa.

Tanggal 2 Agustus pukul 14.00 WIB, diadakan Awards Ceremony secara daring. Acara ini dihadiri pula oleh para juri: Bapak Budi Kurniawan, Ibu Olivia dari Prodi Bahasa Mandarin, Bapak Hangga Ganiadi dari Prodi Desain Komunikasi Visual selaku juri lomba desain poster; Ibu Elisa Christiana, Ibu Lusiana Tantra dari Prodi Bahasa Mandarin dan Bapak Daniel Budiana dari Prodi Ilmu Komunikasi selaku juri lomba storytelling. Para juri memberikan komentar atas karya-karya peserta, memuji kreativitas dan usaha yang sudah dilakukan peserta. Selain itu, para juri berharap peserta dapat lebih memperhatikan penulisan teks serta pelafalan dan nada bicara. Juara I lomba desain poster diraih oleh Athena Aileen dengan karya tentang hari raya Qingming, sedangkan juara I lomba storytelling diraih oleh Cynthia Laurene dengan cerita "Chang'e Terbang ke Bulan".

Daftar pemenang:

Lomba Desain Poster

Juara I: Athena Aileen (SMAK St. Louis 1 Surabaya)

Juara II: Jeslyn Tevi Goeinawan (SMA Kristen Petra 2 Surabaya)

Juara III: M. Eugine Rahmadani (MAN 3 Jombang)

Juara Harapan: Faustine Joyanna Hermawan (SMAS Tarakanita Gading Serpong Tangerang)

Juara Harapan: Maria Vernanda (SMKK Mater Amabilis Surabaya)

 

Lomba Storytelling

Juara I: Cynthia Laurene (SMAK Hikmah Mandala Banyuwangi)

Juara II: Teresa Prajna (SMA Katolik St. Louis 1 Surabaya)

Juara III: Jeslyn Tevi Goeinawan (SMA Kristen Petra 2 Surabaya)

Juara Harapan: Dea Metta (SMA Education 21 Pekanbaru)

Juara Harapan: Teddy Perwira (SMA Chandra Widya Pandaan)

Baca lebih lanjut>
Menampilkan 1-20 dari 52 item.