Learn, Play, Explore China 2020

11 Agu 2020

Prodi Bahasa Mandarin UK Petra sukses menyelenggarakan Lomba Learn, Play, Explore China yang ke-2 yang ditutup tanggal 2 Agustus 2020. Tema tahun ini adalah "Into the Chinese Culture". Karena pandemi Covid, lomba tahun ini berbeda dengan tahun lalu, berubah menjadi lomba Desain Poster serta lomba Storytelling, dan dilaksanakan secara daring. 

Pandemi ternyata tidak menyurutkan animo peserta. Total 69 orang siswa SMA mengikuti kedua lomba ini. Terkumpul 47 karya poster dan 27 video storytelling. Peserta berasal dari berbagai penjuru Indonesia: Jakarta, Bandung, Bogor, Tangerang, Jogja, Pekalongan, Jombang, Madiun, Malang, Banyuwangi, Pasuruan, Mojokerto, Sidoarjo, Probolinggo, Surabaya, Bali, Medan, Lampung, Pekanbaru, hingga Bantaeng Sulawesi Selatan.

Tujuan lomba kali ini adalah meningkatkan minat siswa terhadap bahasa Mandarin dan budaya Tionghoa, membantu siswa mengenal lebih lanjut tentang tradisi etnis Tionghoa. Dengan kreativitas dan keragaman isi karya peserta, serta aneka gaya yang ditampilkan, berusaha maksimal menuangkan "Into the Chinese Culture" ke dalam karya mereka. Hari raya tradisional, mitos dan legenda, kisah idiom, pakaian, makanan, opera, musik, kaligrafi dan berbagai unsur budaya lainnya diwujudkan dalam karya siswa.

Tanggal 2 Agustus pukul 14.00 WIB, diadakan Awards Ceremony secara daring. Acara ini dihadiri pula oleh para juri: Bapak Budi Kurniawan, Ibu Olivia dari Prodi Bahasa Mandarin, Bapak Hangga Ganiadi dari Prodi Desain Komunikasi Visual selaku juri lomba desain poster; Ibu Elisa Christiana, Ibu Lusiana Tantra dari Prodi Bahasa Mandarin dan Bapak Daniel Budiana dari Prodi Ilmu Komunikasi selaku juri lomba storytelling. Para juri memberikan komentar atas karya-karya peserta, memuji kreativitas dan usaha yang sudah dilakukan peserta. Selain itu, para juri berharap peserta dapat lebih memperhatikan penulisan teks serta pelafalan dan nada bicara. Juara I lomba desain poster diraih oleh Athena Aileen dengan karya tentang hari raya Qingming, sedangkan juara I lomba storytelling diraih oleh Cynthia Laurene dengan cerita "Chang'e Terbang ke Bulan".

Daftar pemenang:

Lomba Desain Poster

Juara I: Athena Aileen (SMAK St. Louis 1 Surabaya)

Juara II: Jeslyn Tevi Goeinawan (SMA Kristen Petra 2 Surabaya)

Juara III: M. Eugine Rahmadani (MAN 3 Jombang)

Juara Harapan: Faustine Joyanna Hermawan (SMAS Tarakanita Gading Serpong Tangerang)

Juara Harapan: Maria Vernanda (SMKK Mater Amabilis Surabaya)

 

Lomba Storytelling

Juara I: Cynthia Laurene (SMAK Hikmah Mandala Banyuwangi)

Juara II: Teresa Prajna (SMA Katolik St. Louis 1 Surabaya)

Juara III: Jeslyn Tevi Goeinawan (SMA Kristen Petra 2 Surabaya)

Juara Harapan: Dea Metta (SMA Education 21 Pekanbaru)

Juara Harapan: Teddy Perwira (SMA Chandra Widya Pandaan)


Close previewer