Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat - "Cultured"

07 Agu 2021

22-23 Mei, Himpunan Mahasiswa Perhotelan dan Himpunan Mahasiswa Bahasa Mandarin UK Petra mengadakan kegiatan abdimas daring, yaitu memberikan pelatihan tentang konsep manajemen perhotelan, bahasa Mandarin perhotelan, serta etiket makan dalam budaya Tionghoa kepada siswa SMA.

Pada hari pertama, Bapak Vido Iskandar dari Program Manajemen Perhotelan menjelaskan tentang proses di front office hotel, meliputi tahapan pra-kedatangan, kedatangan, tinggal di hotel hingga meninggalkan hotel. Pekerjaan yang biasanya kita anggap sederhana, ternyata mengandung banyak detail. Melalui penjelasan yang diberikan, siswa dapat mengenal tahap-tahap yang dikerjakan oleh bagian-bagian dalam hotel. Pada era globalisasi sekarang ini, seiring dengan kemajuan Tiongkok, industri perhotelan sangat memerlukan sumber daya manusia yang mampu berbahasa Mandarin. Bapak Alpin Gadman Markali dari Prodi Bahasa Mandarin untuk itu menjelaskan bahasa Mandarin perhotelan, melalui komunikasi dengan bahasa Mandarin antara pegawai hotel dan tamu, para siswa berlatih menggunakan bahasa Mandarin melangsungkan percakapan dalam berbagai konteks, seperti reservasi, memesan masakan, membayar dan sebagainya.

Hari kedua, Bapak Budi Kurniawan dari Prodi Bahasa Mandarin menjelaskan tentang dasar-dasar etiket di meja makan dalam budaya Tionghoa. Diawali dari konsep li dalam Konfusianisme, hingga aplikasi li di dalam kehidupan sehari-hari, dan pengetahuan dasar tentang tata krama di meja makan, misalnya penggunaan sumpit, "tidak menyisakan makanan di piring", dan sebagainya. Setelah itu, siswa diajak untuk menonton proses pembuatan Ayam Ngohiong yang dibawakan oleh Bapak David Kristianto dari Program Manajemen Perhotelan. Langkah-langkah memasak dijelaskan dengan sangat detail, hingga siswa mengerti karakteristik masakan tersebut. Para siswa mengikuti seminar selama dua hari ini dengan tekun, dan aktif bertanya, menunjukkan minat mereka yang besar.

Setelah "diisi" dengan bekal materi, berikutnya siswa mengaplikasikan pengetahuan yang telah mereka dapatkan tersebut. 50 orang lebih siswa dari SMA Untung Suropati Sidoarjo dibagi menjadi beberapa kelompok, dan di bawah bimbingan dari mahasiswa perhotelan dan bahasa Mandarin, melakukan latihan role-play serta membuat video pendek, untuk memperkuat pemahaman mereka terhadap materi. Meskipun durasi kegiatan tidak panjang, pelatihan selama dua hari ini ditambah dengan hasil karya siswa, telah memberikan banyak inspirasi kepada siswa.


Close previewer