Learn, Play, Explore China 2021

09 Agu 2021

Tanggal 30 Mei, "Learn, Play, Explore China" ke-3 yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Prodi Bahasa Mandarin telah terselenggara dengan sukses. LPE tahun ini mengusung tema "Culture Seeker". Ada 3 lomba untuk siswa SMA: desain poster, vlog, dan lomba rally "running in the clouds". Karena pandemi, seluruh lomba diadakan secara daring.

Lomba desain poster dan vlog telah dimulai sejak awal Mei. Karya dikumpulkan secara daring. Lomba rally yang tahun lalu ditiadakan, kali ini kembali diselenggarakan di atas "awan". Lomba rally diadakan tanggal 29 Mei. Total peserta ketiga lomba ini sejumlah 72 orang siswa SMA dari seluruh Indonesia: Surabaya, Gresik, Pemalang, Kudus, Bekasi, Jakarta, Pontianak, Pekanbaru.

Peserta dengan teliti dan konsentrasi menghasilkan karya poster dan vlog. Ini menunjukkan "eksplorasi" mereka terhadap budaya Tionghoa. Karya yang masuk sangat beragam, misalnya tentang: hari raya tradisional, barongsai, karya seni, kuliner, potehi dan sebagainya. Running in the clouds diikuti oleh 16 tim. Meskipun diadakan secara daring, perlombaan tetap seru, dengan suasana yang tak kalah dengan perlombaan luring. Ada delapan pos dalam lomba kali ini, yang menantang peserta untuk menguji kemampuan berbahasa Mandarin dan pemahaman budaya Tionghoa mereka. Berbagai jenis game di pos-pos tersebut misalnya: meneruskan idiom, mencari huruf yang salah, tes pengetahuan budaya, matematika Mandarin, kuis budaya populer, detektif kecil dan sebagainya.

Tanggal 30 Mei siang, diadakan seremoni pengumuman pemenang dan penutupan acara. Ketua panita Chika Leonardi serta ketua Himasahatra Luciana mengucapkan terima kasih atas partisipasi aktif dari seluruh peserta. Mereka berharap melalui proses lomba, peseta dapat saling belajar, tekun meningkatkan kemampuan diri, berani menghadapi tantangan. Berikut adalah para pemenang lomba:

Lomba Vlog:

Juara I: Dea Metta Pranata (SMA Education Pekanbaru)

Juara II: Garcia Wuiko (SMA Katolik Frateran Surabaya)

Juara III: Sherina Prayogo dan Evelyn (SMA Little Sun Surabaya)

 

Lomba Desain Poster:

Juara I: Valeska Iskandar (SMA Katolik St. Louis 1 Surabaya)

Juara II: Jeslyn Tevi Goeinawan (SMA Kristen Petra 2 Surabaya)

Juara III: Livia Michelle Iskandar Leo (SMA Xinzhong Surabaya)

 

Running in the clouds:

Juara I: Jocelyn, Natalie Tan, Elloh'nia Michelle Angella (Surabaya Cambridge School)

Juara II: Jessalyn Audrey Tanujayadi, Livia Michelle Iskandar Leo, Angelica Tiora (SMA Xinzhong Surabaya)

Juara III: Teresa Prajna Setio, Steffy Soegiharto, Stefany Angelina Kharisma (SMA Katolik St. Louis 1 Surabaya)


Close previewer