09-034
Sekretaris Program Studi
budi.kurniawan@petra.ac.id
+62-31-2983281
Prodi Sastra Tionghoa Universitas Kristen Petra
Sekretaris Program Studi

Budi Kurniawan, S.Kom., B.A., M.Hum.

Budi Kurniawan adalah dosen pada Prodi Sastra Tionghoa Universitas Kristen Petra. Beliau saat ini menjabat sebagai Sekretaris Program Studi. Bidang minat penelitian Beliau meliputi identitas budaya Indonesia Tionghoa dan pemerolehan dan pembelajaran bahasa Tionghoa. Beliau adalah anggota Pusat Studi Indonesia Tionghoa di UK Petra, dan saat ini sedang melakukan penelitian tentang identitas Indonesia Tionghoa dalam tim peneliti pusat studi tersebut.

Di luar kegiatan akademik, beliau juga aktif sebagai pengurus Lembaga Koordinasi Pendidikan Bahasa Tionghoa Jawa Timur serta Ikatan Guru Bahasa Tionghoa Jawa Timur.

Beliau menyelesaikan pendidikan sarjana Teknik Informatika di ITS, sarjana Bahasa Mandarin di Huaqiao University, dan magister humaniora di Universitas Airlangga.

  • sejarah pendidikan
    Teknik Informatika (S1)
    Institut Teknologi Sepuluh Nopember
    Lulus:2003
    Bahasa Mandarin (S1)
    Huaqiao University
    Lulus:2009
    Kajian Sastra Dan Budaya (S2)
    Universitas Airlangga
    Lulus:2015
  • konsentrasi penelitian
    1. Identitas budaya Indonesia Tionghoa. Topik penelitian ini menjelajahi konstruksi identitas etnis Tionghoa di Indonesia, yang dipengaruhi oleh berbagai wacana, seperti politik, sosial dan budaya.
    2. Pemerolehan dan pembelajaran bahasa Tionghoa. Topik penelitian ini menjelajahi bidang-bidang seperti kemauan berkomunikasi dalam bahasa Tionghoa, motivasi belajar, serta linguistik komputasional.