Berita

Edukasi Siswa Sma Tentang Fraud Lewat Case Study Competition

Blog Single

Himpunan Mahasiswa Business Accounting Universitas Kristen Petra (UK Petra) menggelar Experimental Learning. Kegiatan dilaksanakan pada 16 Oktober 2021 melalui zoom meeting dan diikuti oleh 40 peserta yang merupakan siswa-siswi SMA/SMK/Sederajat se-Indonesia. Mengangkat tema  “Understanding the Key Essentials for Fighting Fraud Skills in the Workplace”, para peserta akan dibekali mengenai pentingnya pengendalian internal dan juga berbagai macam cara untuk mencegah terjadinya fraud di dalam perusahaan. 

“Kami berharap dengan adanya acara ini, para siswa SMA dapat memberikan dampak yang baik bagi sekitarnya terutama mencegah terjadinya kecurangan sehingga mereka dapat menyebarkan hal-hal positif dan tidak bertindak curang dalam hal apapun dan sekecil apapun, terutama untuk mengurangi fraud dan korupsi di dunia akuntansi,” ujar Michelle Bing, selaku ketua panitia.

Experimental Learning (EL) merupakan kegiatan rutin Program Business Accounting dalam rangka memperkenalkan pembelajaran dan materi dari Program Business Accounting dengan cara pembelajaran yang menyenangkan. Biasanya dikemas dalam bentuk games, case study, dan webinar yang dibawakan dengan santai dan menarik. Pada tahun ajaran 2021/2022 ini, EL diadakan sebanyak empat kali dengan pembahasan tema yang berbeda-beda. 

“Materi-materi yang dibawakan pada EL membantu siswa SMA untuk mengenal dunia akuntansi era industri kini, seperti harus bekerja dengan big data, Artificial Intelligent, dan seorang creative accountant harus memiliki ilmu mengenai manajemen dan bertindak dengan strategic thinking and analysis. Kali ini EL dikemas dalam bentuk webinar dan case study competition, peserta dapat menganalisis dan menerapkan materi webinar dalam lomba. Peserta lomba dalam kelompok yang terdiri dari dua hingga tiga orang per kelompok,” imbuh mahasiswi semester tiga ini. 

Pada EL pertama ini, hadir sebagai pembicara yaitu Ronny Siahaan, Head of Corporate Audit & Integrity Compliance PT. Medco Energi Internasional Tbk. Ia mengungkapkan jika isu tentang pentingnya etika dalam perusahaan makin hari makin tinggi. Perusahaan di seluruh belahan dunia termasuk di Indonesia dapat melakukan kesalahan-kesalahan yang tidak etis. “Untuk teman-teman disini saya harap kedepan dapat menjadi pekerja yang anti fraud dan dapat berkontribusi menjaga keberlanjutan usaha. Teman-teman siswa yang orang tuanya adalah entrepreneur, pengetahuan hari ini juga akan bermanfaat untuk menjaga usaha orang tua tetap berkelanjutan, tidak terjebak pada tindak korupsi atau kecurangan,” ungkap Ronny. (rut/Aj)

Ikuti terus berita dan prestasi terkini dari Universitas Kristen Petra. Silahkan menghubungi kami melalui email info@petra.ac.id atau nomor HP 081234067323. Jangan lupa follow akun sosial media kami, Instagram @uk_petra dan  Facebook PCU Surabaya.