Berita

Kenalkan Program International Business Engineering Dengan Cara Menarik

Blog Single

Untuk memperkenalkan Program International Business Engineering (IBE) Universitas Petra (UK Petra), IBE menggelar Business Engineering Annual Competition (Beacon) 2021. Kegiatan Beacon dikemas dalam lomba dan webinar, yang mengangkat tema “Uniting Nusantara”. “Tema ini dipilih karena kami panitia ingin mempromosikan kebudayaan Indonesia pada siswa siswi SMA, sambil belajar bagaimana mengoptimalkan pengeluaran mereka untuk bepergian ke seluruh Indonesia. Ini akan menjadi contoh yang bagus bahwa Budaya Indonesia sangat kaya dan bisa dipromosikan secara internasional,” ujar Stevano Nyoto Prawiro, selaku Ketua Panitia Beacon 2021. 

    Sebanyak 57 peserta yang terbagi dalam 19 kelompok, mengikuti rally games. Dalam permainan ini, para peserta diberi tugas untuk berkeliling Indonesia dan dapat menaklukan atau datang ke semua kota yang tersedia di peta. Kelompok pertama yang mampu menjangkau semua kota akan menjadi pemenangnya. “Para peserta ditugaskan untuk berkeliling Indonesia. Mereka diberi 12 pilihan Kota yang harus mereka kunjungi secara virtual. Mereka harus membayar tiket untuk berpindah pindah kota, dan di setiap kota mereka akan “membeli” soal dan jika dapat menjawab dengan betul mereka akan mendapat uang untuk biaya transportasi mereka. Kelompok yang dapat mengelilingi 12 kota dengan biaya paling sedikit atau dengan sisa uang paling banyak yang menjadi pemenang perlombaan ini,” terang mahasiswa semester lima ini.

    Tidak hanya lomba, Beacon juga menggelar webinar yang diikuti oleh 120 peserta. Derry Sakti, Co-Founder ULA ini dipilih menjadi narasumber dalam webinar Beacon. Beliau memiliki pengalaman bekerja di P&G, salah satu perusahaan di bidang kebutuhan sehari-hari seperti shampoo, sabun, dan deterjen, yang baru saja membuat start-up ULA dengan koleganya dan mendapat suntikan dana dari perusahaan Amazon milik Jeff Bezos. Derry membagikan tiga tips agar mahasiswa nantinya mampu menghadapi masa depan, yaitu dengan memahami cita-cita, kedua tahu bagaimana cara mencapainya, ketiga adalah gigih dan selesaikan.

“Berdasarkan pengalaman saya, ada tiga tips yang dapat saya bagikan. Pertama kita harus memahami apa yang kalian suka, apa yang dibutuhkan dunia, apa yang kamu kuasai, setelah itu kalian harus memiliki rencana. Rencana bisa akan terus berubah, tapi kalian harus memiliki satu rencana pasti. Ketiga adalah kalian harus terus bergerak apapun yang terjadi. Kamu tidak akan gagal jika kamu terus berusaha!,” pesannya kepada para peserta. (rut/dit)

Ikuti terus berita dan prestasi terkini dari Universitas Kristen Petra. Silahkan menghubungi kami melalui email info@petra.ac.id atau nomor HP 081234067323. Jangan lupa follow akun sosial media kami, Instagram @uk_petra dan  Facebook PCU Surabaya.